arnosa.net
Categories
Archives
Latest Comments

Tags

2013 4x abal2 ajax angular angular js angularjs aplikasi arnosa.net awards berhenti merokok blog bootstrap bug car rental cheat cms codeigniter composer crud curhat dead rising 3 dragon age dragon age inquisition fifa14 fifa2015 FM2014 framework game games gamewatch gimbot gta5 hotel idulfitri1434h injustice javascript jquery L5 lag laravel laravel 5.4 mtb mysql nbak2k15 nfs online shop pc pegawai PES2014 pes2015 php picture pro evolution soccer program property quote Racing rakpenting random rental mobil review rift rival rivals rokok SaintRow4 sepeda settings sistem informasi akademis sistem informasi hotel sistem informasi kepegawaian sistem informasi krs sistem informasi sekolah soccer song source code stik testing the sims 4 thrill trick vgx vue js web web programming welcome wreak

Contact Me



20 September 2013 Game : Simple Review PES 2014 Posted In: game PES2014

Hi temans semua,

Kali ini saya akan menulis sedikit tentang game sepakbola terbaik tahun ini yaitu Pro Evolution Soccer 2014 biasa disebut PES2014. Kita tau bahwa PES 2014 ini dibuat dengan engine terbaru besutan Hideo Kojima . Tentu bakal ada perubahan besar dari segi grafik maupun gameplay . Penasaran kan? Yuk langsung simak aja.

 

User Interface

Hal pertama saat saya jumpai setelah selesai menginstall dan memainkan game ini , adalah User interface yang klasik!. Percaya tidak percaya , berbeda dengan game lainnya yang menerapkan konsep UI dengan Metro Style yang populer saat ini , team PES 2014 malah menyuguhkan hal yang klasik dalam User Interface nya. Hal ini menjadikan nilai tersendiri bagi saya, mungkin untuk beberapa orang merupakan nilai minus tetapi menurut saya ini adalah hal yang bagus , dimana PES memberikan nilai sendiri.

 main menu

 User interface terlihat simple dan gampang untuk dimengerti , terutama bagi para gamer yang baru pertama kali bermain PES ini. Selain itu juga , saat kita memilih tim favorit kita , maka user interface dari PES ini akan menampilkan pemain-pemain dari klub favorit tersebut , serta ada juga screenshoot hasil dari game yang telah kita mainkan.

 

Gameplay

Disini Konami berhasil mengubah besar gameplay PES 2014 , berkat dukungan Fox Engine yang menjanjikan , Konami berhasil membuat saya berdecak kagum dengan perubahan besar gameplay yang disuguhkan. Dimulai dari pergerakan pemain yang semakin lincah , adanya collision atau tabrakan antar pemain , etc.

PES 2014 Gameplay I

 Selain pergerakan pemain yang semakin lincah , kontrol pemain juga berubah . Disini saya merasakan beratnya mengontrol pemain dengan stat yang rendah , berbeda dari seri sebelumnya. Passing dan through pass yang semakin susah , dibutuhkan keahliaan khusus bila passing dan through pass dijadikan manual . Saya sendiri kesusahan dalam melakukan through pass secara benar apalagi setting passing dibuat manual.

Collision disini sangat terasa walaupun tidak sehebat game saingannya , ada kontrol khusus dimana saat pemain berebut bola dengan musuh , dengan sedikit sentuhan control right stik pemain dapat melakukan shoulder contact dengan pemain musuh. Hal yang mantap yang diberikan oleh konami.

Ronaldo ! 

Untuk trick skill dalam PES 2014 ini lebih mudah untuk dikeluarkan , dengan bermodalkan jari dan jempol yang cepat maka user dapat melakukan trick skill . Tidak semua pemain dapat melakukan trik yang sama , semisal Ronaldo dan Sergio Ramos . Perbedaan stat antara kedua pemain menjadikan trick skill yang berbeda pula.

Ada hal yang baru yang diberikan di PES 2014 ini , adanya combination play dimana tidak tersedia di seri sebelumnya. Disini kita diberikan 3 combination play , dimana combination play tersebut akan ter-trigger apabila kita pemain membawa bola ke sector tertentu di lapangan . Dengan memencet LT 2x maka dengan sentuhan yang benar , akan terjadi permainan kombinasi antar pemain.

Mode Football Life


Seperti seri-seri sebelumnya , PES 2014 menawarkan mode Master League dan Become a Legend. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan dibagian ini , mode Master League maupun become a legend hampir tidak ada perubahan berarti dari sebelumnya . Yang sedikit mengalami perubahan adalah mode become a legend dimana kita bisa berperan sebagai goalkeeper. Hal yang baru tentunya.

Disini , walaupun ada peningkatan AI , tapi tidak terlalu significant . Masih banyak kesalahan-kesalahan yang terjadi karena kebodohan AI teman kita .

Become a Legend 

 Satu hal kekurangan yang saya dapatkan adalah , seperti biasa. Konami selalu saja terlambat dalam mengupdate susunan pemain yang terbaru serta masih banyak lisensi klub sepakbola yang belum terlisensi. Tentu saja , ini merupakan suatu nilai minus. Walaupun begitu bagi para pecinta game PES tidak perlu kuatir , dukungan pihak ketiga tentu akan bertebaran nantinya.

Hal lainnya yang menarik adalah fitur heart yang dihadirkan Konami dalam PES 2014 ini. Hal yang menarik dari fitur ini adalah dimana penonton bisa menjadi pemain ke 12 . Dimana semakin riuh penonton mendukung pemain , maka permainan dari pemain tersebut akan terasa lebih lincah. Begitu juga bila pemain tersebut , membuat goal , memberi assist dan takle yang bersih. Maka pemain tersebut akan memiliki heart yang besar dan semakin mudah untuk dikontrol.

Lain halnya bila dukungan penonton tidak berpihak kepada pemain , akan terdengar siulan cemooh dari penonton dan membuat pemain kita semakin lemot dan susah untuk digerakan. Bila pemain tersebut melakukan kesalahan , kartu kuning atau umpan yang tidak terarah , membuat heart semakin menurun dan susah digerakan.

 

Grafik & Sound

Untuk sound , awal mulai permainan di main menu kita akan disuguhi musik-musik klasik . Ini bertolak belakang dengan seri-seri sebelumnya dimana soundtrack PES selalu memberikan musik-musik modern. Bagi sebagian player hal ini tentu menjadi nilai minus , tapi bagi saya merupakan hal yang berbeda . Berbeda sekali dengan memberikan nilai tersendiri dan bisa menjadi jadi ciri khas PES 2014 sendiri.

 

casillas

 Selain soundtrack yang semakin klasik , riuhnya suara penonton atau siulan cemooh penonton menjadi nilai lebih dalam game PES 2014 ini. Untuk komentator sendiri masih memakai komentaor John Champion dan Jim Beglin . Hanya sedikit penambahan kosa kata didalam komentator PES 2014 ini , sedikit mengecewakan bagi saya.

Komentator

Dalam segi grafik , sungguh luar biasa . Konami seperti biasa menyuguhkan grafik yang sangat yahud . Dimulai dari texture wajah yang bagus. Serta pemandangan stadium yang luar biasa. Dengan spesifikasi komputer yang saya miliki , game PES 2014 ini masih memberikan fps secara optimal yaitu 60fps. 

kick off

Detail dari baju pemain sampai baju hingga ujung rambut terlihat lebih detail dan sempurna. Dengan bantuan fox engine , bisa dibilang ini adalah game sepakbola yang memiliki grafis yang luar biasa.

Selain yang saya paparkan diatas , ada sedikit nilai minus yang saya dapatkan. Sepertinya Konami terlalu tergesa-gesa dalam menyelesaikan game ini. Banyak texture wajah pemain tidak memakai wajah original mereka tetapi memakai wajah generic PES 2014 , dan walaupun nantinya Konami akan memberikan patch berupa face pack pemain , tapi ini merupakan nilai minus bagi saya.

Dan juga saat replay terjadi , akan terjadi lagging dan stutering yang berat walaupun fps yang saya dapatkan adalah 60 . Tetap saja hal ini sedikit menggangu permainan.

 

Kesimpulan

Tahun ini , PES 2014 merupakan karya terbaik dari Konami . Selain perubahan gameplay dan grafik yang semakin ciamik dan tentunya dukungan pihak ketiga yang akan menyempurnakan masalah lisensi dan facepack . PES 2014 akan menjadi unggulan terbaru dalam dunia game sepakbola.

Keunggulan

- Fitur Heart yang menarik,

- Grafik yang ciamik

- Gameplay yang semakin menarik , perubahan passing dan body contact menjadikan hal yang baru di PES 2014

- Suasana Stadium yang begitu riuh , benar-benar berasa di stadium,

- Peningkatan AI dan gerak pemain yang semakin lincah serta trick skill yang mudah dimengerti.

- Combination Play , fitur yang menarik membuat kita bermain taktis.

 

Kelemahan

- Lisensi klub yang masih kurang , dan facepack yang belum lengkap.

- Mode Football life dan komentator belum ada perubahan berarti.

- Adanya lag saat replay maupun cutscene.

 

Untuk para penggemar game sepakbola , Seri PES 2014 ini layak dan wajib dimainkan.Sekian.

Overal Score 8/10

"The King back into game"

 

Minimum system requirements
Operating System: Win Xp 32, Vista, Windows 7
Graphic Card: GeForce 510, Radeon HD 5450 512MB
CPU: Pentium D 820 2.8GHz, Athlon LE-1640
RAM: 1 GB
HDD: 10 GB
DirectX: 9.0c

Recommended system requirements
Operating System: Win Xp 32, Vista, Windows 7, Windows 8
Graphic Card: GeForce GT 440, Radeon HD 5550 1024MB
CPU: Core 2 Duo E7400 2.80GHz, Athlon II X2 255
RAM: 4 GB
HDD: 10 GB
DirectX: 9.0c

 

Wasi A.


Related Article
6 Comments

  1. image
    wasi arnosa

    iya e , lagi dilanda masalah hati.. belum konsen nulis lagiikk -____-


  2. image
    ardhitya wiedha irawan

    sepiiii...gak ada tulisan barukk -___ -


  3. image
    TomTom

    Review yang lumayan lengkap dan menarik. itu di gambar screenshoot yg bahas collision tangannya kok bisa masuk ketangan pemain lainnya ya..


  4. image
    ardhitya wiedha irawan

    Review yang bagus bro, kamu berbakat dalam mereview... hihihihi... :D


  5. image
    Nanda Widyatama

    Wah joss ki was.. siyap2 menelaah lebih lanjut.. sayang dari screenshot, grafik kurang "hidup" walaupun detail meningkat....


  6. image
    Gamma

    PES + Fox Engine?? Ga sabar pengen nyobain ..


What are your thoughts? Please leave a comment.